Pengetahuan Dasar Perbedaan Zakat Dan Sedekah Dalam Islam

Zakat dan sedekah yakni amalan ibadah dalam Islam yang sama tapi tak serupa. Kedua amalan ini memiliki perbedaan yang mendasar. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memaparkan wacana perbedaan zakat dan sedekah secara fundamental biar umat Islam mengerti dan paham antara kedua ibadah ini. Perbedaan yang akan dibahas di sini dalam segi pengertian sebab pengertian merupakan hal yang sangat fundamental dalam zakat dan sedekah.

 yakni amalan ibadah dalam Islam yang sama tapi tak serupa Pengetahuan Dasar Perbedaan Zakat dan Sedekah Dalam Islam
Pengertian Zakat
Dilihat dari pengertiannya, zakat memiliki arti menyucikan maksudnya yakni menyucikan harta yang dimiliki. Dalam Islam, terdapat dua jenis zakat yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal merupakan zakat harta benda yang dimiliki, dimana tidak semua orang Islam wajib mengeluarkan zakat mal ini sebab hanya orang yang bisa saja yang wajib mengeluarkan zakat mal ini. Tidak semua orang Islam yang terlihat kaya wajib mengeluarkan zakat mal sebab ada kriteria tersendiri. Kriteria wajib yang harus dipenuhi untuk mengeluarkan zakat mal yakni nisab dan haul serta harta milik sendiri. Ketiganya harus dipenuhi. Jika salah satu saja tidak terpenuhi, maka seseorang tersebut tidak wajib untuk mengeluarkan zakat mal.

Sedangkan zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam berupa materi pangan setiap tamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Zakat fitrah ini yakni zakat untuk menyucikan diri sehabis berpuasa selama bulan Ramadhan. Dalam mengeluarkan zakat fitrah ini jumlahnya ditentukan sebanyak 2,5 kg atau 2,75 kg beras atau materi makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Sudah cukup terang bukan wacana zakat? Tidak lengkap kalau membahas perbedaan zakat dan sedekah tidak membahas mengenai pengertian sedekah.

Pengertian Sedekah
Pengertian sedekah secara umum yaitu mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan sesuai dengan pemikiran dalam Islam. Sedekah ini bisa dilakukan oleh umat Islam siapa saja baik yang kaya maupun yang miskin. Cara berzakat tidak harus berupa harta ataupun kekayaan yang dimiliki. Jika tidak ada harta yang bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan, bisa menyedekahkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan umat Islam. Doa yang baik kepada orang yang membutuhkan juga termasuk sedekah. Dalam hadis dan Al-Quran dijelaskan bahwa sedekah tidak hanya berupa harta saja tapi juga bisa berupa hal lainnya.

Perbedaan Antara Zakat dan Sedekah
Dilihat dari pengertian zakat dan sedekah serta klarifikasi lainnya, sudah sanggup disimpulkan bahwa pada hakikatnya zakat dan sedekah yakni dua hal yang berbeda baik dalam hal makna dan harta yang digunakan. Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam sebab merupakan rukun Islam yang keempat. Sedangkan sedekah yakni ibadah yang meliputi banyak hal tidak hanya memperlihatkan harta kepada yang membutuhkan saja, berdoa dan amalan lainnya yang dilakukan sebab Allah dan dilandasi dengan niat yang tulus juga termasuk sedekah. Cukup terang bukan, apa saja perbedaan zakat dan sedekah ini?
LihatTutupKomentar