Cara Kerja Mesin Cuci Front Loading Serta Komponen-Komponennya

Tahukah Anda bagaimana cara kerja mesin Cuci front loading? Bagi Anda yang belum tahu, simak uraian berikut. Sebelum itu, kenali dahulu apa yang dimaksud dengan mesin Cuci front loading. Mesin Cuci front loading merupakan mesin Cuci 1 tabung yang mempunyai pintu pada bab depan. Atau lebih dikenal dengan mesin Cuci pintu depan, mesin Cuci ini tidak sama dengan mesin Cuci top loading ataupun mesin Cuci Twin tube. Mesin Cuci top loading merupakan mesin Cuci 1 tabung yang mempunyai pintu di bab atas.

 kenali dahulu apa yang dimaksud dengan mesin Cuci front loading Cara Kerja Mesin Cuci Front Loading Serta Komponen-Komponennya
Baca Juga: Daftar Harga Mesin Cuci LG 2 Tabung Terbaru
Sementara mesin Cuci Twin tube merupakan mesin Cuci semi otomatis yang mempunyai 2 tabung. Mesin Cuci front loading mempunyai tabung yang posisinya horizontal dan arah putarannya vertikal. Mesin Cuci ini hanya mempunyai 1 tabung, dipakai untuk mencuci dan juga untuk mengeringkan. Tabung mesin Cuci ini mempunyai beberapa tonjolan dan tidak dilengkapi dengan pulsator. Untuk cara kerja mesin Cuci front loading sendiri tidak jauh berbeda dengan cara kerja mesin Cuci top loading. Namun mesin Cuci front loading mempunyai arah putar vertikal, sedangkan mesin Cuci top loading memutar secara horizontal. 

Kelebihan mesin Cuci top loading dibanding mesin Cuci front loading ialah terdapat pada harga yang ditawarkan. Mesin Cuci top loading memang dijual dengan harga yang lebih murah. Namun mesin Cuci front loading mempunyai banyak kelebihan, di antaranya yaitu:
- Cucian tidak melilit-lilit
- Hasil cucian lebih higienis lantaran memutar secara vertikal (layaknya mencuci secara manual dengan cara dibanting)
- Hemat air lantaran tidak harus merendam cucian sepenuhnya
- Cucian lebih kering (tingkat kekeringannya mencapai 90 persen)

Berkat desainnya yang lebih rumit, mesin Cuci front loading memang mempunyai banyak kelebihan. Oleh alasannya itu harga yang ditawarkan juga lebih mahal, sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.
Komponen Mesin Cuci Front Loading

Berikut merupakan beberapa komponen yang terdapat pada mesin Cuci front loading beserta fungsinya. Antara lain yaitu:
1. Pressure Switch
Komponen ini berfungsi untuk mendeteksi air menurut dari tekanannya.
2. Motor
Komponen ini berfungsi sebagai pencetus mesin cuci.
3. Drain Pump
Komponen ini berfungsi untuk memompa air biar keluar dari mesin cuci.
4. Heater
Fungsi dari komponen ini ialah untuk memanaskan air pada mesin Cuci sehingga pembersihan sanggup dilakukan dengan memakai air panas.
5. Door Lock
Komponen ini berfungsi untuk mengunci pintu dari mesin Cuci saat proses pembersihan sedang berjalan.
6. Inlet Valve
Komponen ini berfungsi untuk mengatur air yang masuk ke dalam mesin cuci, sesuai dengan perintah controller.

Itulah komponen-komponen pada mesin Cuci front loading beserta dengan fungsinya. Walaupun mempunyai banyak kelebihan, mesin Cuci front loading juga mempunyai kekurangan. Seperti yang sudah disebutkan mesin Cuci ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Tidak hanya itu saja, mesin Cuci ini juga memerlukan daya listrik yang lebih. Terutama saat pembersihan memakai air panas, mesin Cuci ini cukup boros penggunaan energi listrik. Namun dengan penggunaan yang tepat, Anda sanggup mencoba menghemat penggunaan energi listrik. Sekian yang sanggup disampaikan mengenai cara kerja mesin Cuci front loading dan komponen-komponennya.
LihatTutupKomentar