5 Perbedaan Batik Tulis Dan Batik Cap Yang Paling Mendasar

Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap - Ada banyak jenis batik yang ada di Indonesia, dua batik yang sangat populer yaitu batik tulis dan batik cap. Perbedaan batik tulis dan batik cap ini terkadang masih membingungkan, apalagi bagi orang awam yang tidak pernah mengetahui ihwal batik. Berikut ini penulis berikan perbedaan-perbedaan yang paling fundamental antara batik tulis dan batik cap:

 Ada banyak jenis batik yang ada di Indonesia 5 Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap yang Paling Mendasar
1. Alat yang digunakan
Perbedaan pertama antara batik tulis dan batik cap yaitu pada alat yang dipakai dalam menciptakan motif atau dalam membatiknya. Batik tulis dikerjakan memakai alat yang terbuat dari tembaga yang diberi nama canting dan contoh atau gambar yang dibuat dibuat dengan memakai malam atau lilin batik yang disalurkan melalui pipa kecil pada canting. Sedangkan batik cap dalam pengerjaannya memakai cap khusus yang sudah digambar sesuai dengan motif yang diinginkan, dimana biasanya ukuran cap batik ini sekitar 20 x 20 cm. Gambar pada cap ini nantinya ditempelkan pada kain dengan memakai pewarna khusus untuk membatik.

2. Desain gambar
Perbedaan yang kedua dari batik tulis dan batik cap dapat dilihat dari desain gambar yang ada pada kain batik. Batik tulis memiliki desain gambar yang tidak memiliki pengulangan sehingga gambar terlihat lebih luwes dengan ukuran motif yang lebih kecil dibandingkan dengan batik cap. Sedangkan batik cap, pada contoh atau motifnya selalu berulang dan memiliki bentuk yang sama dengan ukuran motif yang lebih besar dari pada batik tulis. Biasanya motif pada batik tulis tembus pandang pada kedua sisi, sedangkan batik cap hanya tampak pada satu sisi saja.

3. Warna dasar kain
Perbedaan batik tulis dan batik cap selanjutnya juga dapat dilihat dari warna dasar kain yang digunakan. Warna dasar kain pada batik tulis lebih muda dibandingkan dengan warna pada motif kain. Sedangkan pada kain batik cap warna dasar kain lebih bau tanah dibandingkan dengan warna pada motifnya.

4. Ragam hias
Ragam hias pada kain batik tulis dan batik cap berbeda. Perbedaan ini dapat terlihat sangat terperinci pada keduanya. Batik tulis memiliki ragam hias yang bermacam-macam alasannya yaitu pada setiap kain batik motif atau gambarnya tidak akan sama, baik dalam hal bentuk maupun ukurannya. Sedangkan pada batik cap memiliki ragam yang sedikit alasannya yaitu motifnya selalu berulang.

5. Waktu pengerjaan dan harga jual
Perbedaan yang terakhir antara batik tulis dan batik cap yaitu pada waktu pengerjaan dan harga jualnya. Waktu pengerjaan batik tulis lebih usang dibandingkan dengan batik cap alasannya yaitu batik tulis harus digambar secara manual. Begitu juga dengan harga jualnya, harga jual batik tulis lebih mahal dibandingkan dengan harga jual batik cap.

Batik yang merupakan salah satu ikon budaya Indonesia dan sudah diakui oleh dunia ini memang harus dilestarikan. Sebagai ikon budaya khas Indonesia batik harus menjadi pakaian pujian bangsa Indonesia, siapa lagi jikalau bukan orang Indonesia yang melestarikan batik ini. Berbagai jenis batik juga harus dikenali ibarat batik tulis dan batik cap. Perbedaan batik tulis dan batik cap juga harus diketahui biar sebagai warga Indonesia kita mengenal dan memahami budaya warisan nenek moyang.
LihatTutupKomentar