Pengertian Quality Control, Kiprah Dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Quality Control - Apakah Anda sedang mencari pengertian Quality Control? Istilah Quality Control tentu bukanlah istilah yang ajaib untuk Anda dengar. Biasanya setiap perusahaan mempunyai Quality Control, tugasnya cukup penting dalam setiap perusahaan. Walaupun tidak semua jenis perjuangan membutuhkan Quality Control, namun sebagian besar perusahaan mempunyai Quality Control. Hal ini menunjukan bahwa kiprah Quality Control sangatlah penting. Lalu, bergotong-royong apa yang dimaksud dengan Quality Control dan apa tugasnya? Jika Anda belum mengetahuinya, Anda sanggup menyimak ulasan berikut ini.
  • Pengertian Quality Control (QC)
Quality Control atau biasa disingkat dengan QC artinya ialah pengendali mutu. QC sangatlah diharapkan dalam banyak sekali sektor industri, mulai dari manufaktur sampai produksi tangan. Tugas umum dari QC ialah mengusut secara visual untuk menguji produk. Pemeriksaan produk sanggup berlangsung sebelum, selama dan setelah proses produksi. Pengujian ini dilakukan secara manual, atau juga ada yang memakai dukungan teknologi. Tergantung sektor industri di mana QC tersebut bekerja, intinya QC melaksanakan pengecekan untuk menjamin mutu produk.

 Apakah Anda sedang mencari pengertian Quality Control Pengertian Quality Control, Tugas dan Tanggung Jawabnya
Tidak hanya melaksanakan investigasi saja, QC juga mempunyai tanggung jawab dalam memantau dan menjalankan peralatan inspeksi. Selain itu juga merekam dan kemudian menganalisis data kualitas dari produk yang diproduksi. Untuk lebih detailnya, pengertian Quality Control yaitu orang yang tugasnya meneliti produk selama, sebelum dan setelah proses produksi. Tujuannya untuk memperoleh standar kualitas produk-produk yang sesuai dengan harapan. Tugas dari QC mencakup Monitoring, kemudian uji tes dan juga melaksanakan investigasi secara menyeluruh. QC wajib memastikan bahwa standar kualitas sudah dipenuhi bagi setiap produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

  • Tugas Quality Control (QC)
Setelah membaca uraian tersebut, Anda tentu sudah sanggup membayangkan apa saja kiprah dari QC. Namun secara spesifik, kiprah QC tergantung pada industri mana orang tersebut bekerja. Dengan kata lain, QC satu dengan QC lain sanggup mempunyai kiprah berbeda bila bidang industrinya berbeda. Namun secara garis besar, kiprah QC ialah mengendalikan kualitas atau mutu serta menguji produk sesuai dengan standar kualitas perusahaan. QC mempunyai kewenangan dalam mendapatkan ataupun menolak produk perusahaan yang akan dipasarkan. Tidak peduli sesulit apapun pembuatan produk tersebut bila tidak memenuhi kelayakan maka QC sanggup menolaknya.
 Apakah Anda sedang mencari pengertian Quality Control Pengertian Quality Control, Tugas dan Tanggung Jawabnya
Selain mengetahui mengenai pengertian Quality Control dan tugasnya, ketahui juga mengenai tanggung jawab seorang QC. Tanggung jawab dari QC diantaranya yaitu:
  • Memantau perkembangan seluruh produk yang diproduksi
  • Memantau, menganalisis, kemudian meneliti dan menguji seluruh produk
  • Melakukan verifikasi kualitas produk
  • Semonitoring proses dalam pembuatan produk
  • Memastikan barang yang diproduksi mempunyai kualitas yang memenuhi standar perusahaan
  • Merekomendasikan untuk melaksanakan pengolahan ulang pada produk dengan kualitas rendah
  • Mendokumentasi inspeksi dan juga tes pada produk perusahaan
  • Membuat analisis atau catatan sejarah dan dokumentasi produk yang sanggup dipakai untuk rujukan mendatang
Untuk menjadi seorang QC, Anda harus memenuhi persyaratan sesuai dengan bidang industri tersebut. Seorang QC harus mempunyai keahlian lebih dalam menganalisis, meneliti, menguji, memantau dan mengetahui proses produksi dengan benar. Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian Quality Control, kiprah dan tanggung jawabnya.
LihatTutupKomentar