Mengenali Perbedaan Flu Dan Pilek Pada Anak

Perbedaan flu dan pilek pada anak sering kali tidak disadari oleh para orang tua. Kebanyakan orang bau tanah menganggap flu dan pilek yakni penyakit yang sama. Mengenali perbedaan antara flu dan pilek ini sangat diharapkan oleh para orang bau tanah lantaran dengan mengenali perbedaannya orang bau tanah dapat menawarkan sumbangan yang sempurna untuk menyembuhkan flu atau pilek yang diderita oleh sang anak. Flu dan pilek memang penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kanal pernafasan. Saluran pernafasan yang diserang virus pilek dan flu tidak sama, hal inilah yang menimbulkan flu dan pilek yakni dua penyakit yang berbeda.

 pada anak sering kali tidak disadari oleh para orang bau tanah Mengenali Perbedaan Flu dan Pilek Pada Anak
Perbedaan flu dan pilek ini dapat dilihat dari tanda-tanda dan juga dalam hal manifestasi klinis. Di lihat dari manifestasi klinis, flu dan pilek memiliki perbedaan pada kanal pernafasan yang diserang oleh virus flu dan pilek. Virus pilek berkembang dan menginfeksi potongan nasofaring dan orofaring, sedangkan virus influenza atau flu menyerang potongan anatomis organ pernafasan termasuk pada paru-paru, bronkus, tenggorokan, pangkal tenggorokan, dan rongga hidung. Virus yang mengakibatkan flu juga lebih banyak dibandingkan dengan virus penyebab pilek. Dari manifestasi klinis ini dapat terlihat bahwa terlihat terang bahwa pilek dan flu sangat berbeda.

Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Pada Anak
Perbedaan flu dan pilek juga dapat dilihat dari tanda-tanda yang dialami oleh anak yang mengalami flu dan pilek. Ada beberapa tanda-tanda yang dapat membedakan anak terkena flu ataupun pilek biasa, berikut ini akan dijelaskan perbedaan tanda-tanda antara flu dan pilek:

1. Demam
Gejala flu selalu diiringi dengan suhu yang tinggi pada badan sang anak atau anak mengalami demam. Biasanya seorang anak yang mengalami tanda-tanda flu suhu tubuhnya dapat mencapai 38 derajat celcius. Sedangkan anak yang hanya terjangkit pilek biasa tidak disertai dengan demam yang tinggi pada tubuhnya.

2. Jenis batuk pilek
Flu dan pilek terkadang sering tiba bersama dengan batuk tapi batuk pilek dan batuk flu memiliki perbedaan. Batuk yang menyertai flu yakni batuk kering sedangkan batuk yang menyertai pilek yakni batuk berdahak.

3. Nyeri sendi
Pada ketika mengalami flu ataupun pilek biasanya disertai dengan rasa sakit pada sendi. Jika anak mengalami flu maka nyeri yang dirasakan tidak akan terlalu sakit menyerupai pada ketika mengalami pilek.

4. Ingus
Perbedaan lainnya dari flu dan pilek dapat dilihat dari ingus atau lendir hidungnya. Anak yang menderita flu tidak akan mengeluarkan lendir hidung hanya mengalami penyumbatan saja pada hidungnya. Sedangkan anak yang mengalami pilek akan mengeluarkan ingus dalam jumlah yang banyak dengan warna hijau atau kuning.

5. Merasa cepat lelah
Anak yang menderita pilek biasanya akan merasa cepat lelah dibandingkan jikalau anak yang hanya mengalami flu.

Jika dilihat tanda-tanda antara flu dan pilek terlihat hampir sama, namun begitu keduanya yakni dua jenis penyakit pernafasan yang berbeda. Virus yang mengakibatkan flu dan pilek yakni virus yang berbeda, obat yang diberikan tentu saja berbeda. Mengenali perbedaan flu dan pilek ini memang harus diketahui oleh para orang bau tanah biar tidak salah dalam menawarkan obat pada anaknya yang mengalami flu ataupun pilek.
LihatTutupKomentar