Cara Membayar Dan Cek Tagihan Pbb Secara Online Termudah

Cara cek tagihan PBB secara online kini ini semakin memudahkan warga Indonesia untuk membayar pajak bumi dan bangunan atau PBB. Walaupun nominal PBB tidaklah terlalu besar ibarat pajak yang lainnya, tapi tetap saja harus dibayarkan sempurna pada waktunya sebab pembayaran pajak sempurna waktu dapat membantu mempercepat pembangunan Indonesia. Pembayaran PBB yang dulu harus dilakukan secara manual, kini sudah dapat dilakukan secara online dengan memakai mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM dari bank mana pun. Selain memakai ATM, Anda juga dapat membayar pajak secara online di Kantor Pos terdekat.

Cara Cek Tagihan PBB Secara online

Untuk mengecek jumlah tagihan PBB Anda dapat dilakukan secara eksklusif dengan menanyakan ke petugas kantor pajak, tapi cara ini sangatlah kurang efisien sebab membutuhkan waktu yang lama. Cara cek tagihan PBB yang cukup efektif dan efisien ialah dengan melakukannya secara online. Cara cek tagihan PBB secara online ini dapat dilakukan melalui ATM. Sudah hampir sebagian besar bank di Indonesia menunjukkan layanan pembayaran PBB melalui ATM. Untuk cek tagihan pajak bumi dan bangunan melalui ATM ini dirasa sangatlah mudah, sebab tidak membutuhkan waktu banyak dan biaya yang banyak. Namun jikalau Anda melaksanakan cek tagihan PBB melalui ATM tidak dapat dicetak atau di print out.

Cara Membayar Tagihan PBB Via ATM

Untuk melaksanakan pembayaran tagihan PBB melalui mesin ATM syarat utama yang dibutuhkan ialah mengetahui NOP atau Nomor Objek Pajak. Biasanya NOP ini terletak pada SPPT PBB yang terdahulu, Anda dapat mengecek NOP pada SPPT PBB yang Anda miliki. Jika sudah mengetahui NOP Anda, maka Anda dapat membayar PBB Anda secara online melalui ATM. Adapun langkah-langkah untuk membayar PBB secara online via mesin ATM adalah:
  1. Masuk pada sajian utama ATM kemudian pilihlah sajian pembayaran.
  2. Pilih sajian pembayaran pajak atau pajak kemudian masukkan NOP milik Anda.
  3. Masukkan tahun PBB yang akan Anda bayar kemudian akan muncul besarnya pajak yang harus dibayar dan nama penanggung pajak.
  4. Pilih sajian bayar pajak dan slip pembayaran akan tercetak. Simpan bukti pembayaran ini sebagai tanda bahwa Anda sudah membayar PBB.

Melakukan pengecekan tagihan PBB memang perlu Anda lakukan apalagi gres beberapa tahun terakhir ini kemudahan pembayaran pajak PBB secara online. Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya masih memiliki hutang PBB yang belum dibayarkan sebab dulu sistem pembayaran PBB sangat tidak terkontrol dengan baik. Dulu jikalau orang akan membayar PBB harus melalui perangkat desa terlebih dahulu dan menyetorkannya melalui perangkat desa. Setelah itu, tidak ada pemberitahuan lanjutan apakah PBB yang sudah disetorkan sudah dibayarkan atau belum.

Dengan adanya sistem online ini Anda dapat eksklusif mengecek berapa jumlah tagihan PBB Anda dan eksklusif membayarnya secara online jadi terang PBB yang Anda bayarkan eksklusif masuk ke kas negara. Dengan cara membayar dan cek tagihan PBB secara online yang gampang ini biar mengakibatkan warga Indonesia sebagai wajib pajak yang taat.
LihatTutupKomentar