Cek Harga Mesin Pembuat Biji Plastik Daur Ulang

Sampah plastik hampir di setiap sudut kawasan niscaya ditemukan. Sampah jenis ini selalu menjadi masalah lingkungan yang sulit untuk dicarikan jalan keluar penanganannya. Sampah plastik menjadi jenis material yang tidak mengecewakan usang diuraikan oleh alam. Pemanfaatan materi plastik untuk kemasan memang sudah begitu masif, dari kemasan shampo, kantung plastik, gelas minuman, kemasan deterjen, plastik kresek dan banyak lagi.


Daur ulang merupakan pilihan sempurna untuk mengolah sampah plastik tersebut dari mulai mengumpulkan, menyortir, mencuci, kemudian memprosesnya menjadi barang gres yang berguna. Daur ulang sampah plastik ini pun dapat menjadi sebuah peluang bisnis dengan laba hingga jutaan Rupiah setiap bulannya.

Dua mesin utama untuk memulai bisnis daur ulang plastik yakni mesin pencacah plastik bekas dan mesin pencair plastik. Ada lagi bergotong-royong yang juga diharapkan yakni mesin untuk memotong hasil cetakan plastik yang masih panjang-panjang menjadi biji plastik sesuai ukuran yang dibutuhkan. Untuk harga mesin pembuat biji plastik daur ulang ini bervariasi tergantung dari jenis mesinnya. Misalnya harga mesin pembuat biji plastik daur ulang untuk mesin pencacah berkapasitas 50kg/jam dijual sebesar Rp.13,5 juta. Sementara harga mesin pembuat biji plastik daur ulang untuk mesin pencair atau extruder dijual mulai Rp.22,5 juta.

- Mesin pencacah plastik
Alat ini beroperasi dengan cara mencacah limbah plastik untuk dijadikan potongan-potongan kecil. Mesin pencacah plastik ini biasanya menerapkan prosedur pencacahan memakai 2 bilah pisau panjang terdiri dari pisau bergerak dan pisau yang diam. Itu untuk mesin pencacah plastik dengan ukuran kecil. Sementara untuk mesin yang mempunyai kapasitas hingga setengah ton per hari dipakai 5 bilah pisau dimana 3 pisau yang bergerak dan 2 pisau diam. Bilah pisau yang bergerak ini melekat ke poros mesin, sementara untuk bilah pisau yang tetap dilekatkan ke bodi mesin.  Mesin dengan kapasitas besar yang mencapai 1,5 ton per hari dapat mempunyai hingga 15 bilah pisau yang mempunyai tebal 2cm. Untuk menggerakkan pisau-pisau tersebut ada yang memakai motor listrik atau mesin diesel. Berikut spesifikasi mesin pencacah plastik kapasitas 50kg/jam : tenaga mesin 8 HP, ukuran mesin 90 x 80 x 115 cm, cutting size 10 mm, materi plat mild steel.

- Mesin pencair plastik (extruder)
Sesudah terkumpul potongan-potongan kecil plastik maka proses berikutnya yakni memasaknya sehingga leleh menjadi bubur yang selanjutnya dicetak ke  bentuk panjang. Plastik yang keluar dari mesin ini masih berbentuk panjang-panjang dan suhunya masih panas sehingga harus dilewatkan ke semacam wadah berisi air untuk mendinginkan.


LihatTutupKomentar