Manfaat Beras Merah Untuk Diet

Manfaat Beras Merah Untuk Diet - Pernahkah Anda menyantap nasi merah? Kebanyakan orang mungkin tak suka alasannya teksturnya agak keras dan pera. Sebab lainnya ialah harganya yang lebih mahal dibanding beras putih biasa. Meskipun kita mengerti bila beras merah lebih bernutrisi dibanding beras putih. Beras merah mempunyai antosianin sebagai zat warna alami yang menjadikannya berwarna merah. Senyawa Antosianin sendiri mempunyai kemampuan anti-kanker, antioksidan anti tekanan darah tinggi sekaligus anti-hiperglikemik. Manfaat beras merah untuk diet pun sudah terbukti dari hasil penelitian.
 Kebanyakan orang mungkin tak suka alasannya teksturnya agak keras dan pera Manfaat Beras Merah Untuk Diet

Beras merah kebanyakan berupa beras tumbuk atau beras pecah kulit yang cuma dipisahkan sekamnya sehingga hanya mengurangi sedikit nutrisi beras. Sementara beras putih biasanya berupa beras yang digiling atau dipoles sehingga kulit arinya sudah hilang. Beras merah kerap dimanfaatkan sebagai salah satu sajian diet dan juga cocok untuk pengidap kencing manis. Beras merah dikategorikan masakan pokok dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Manfaat beras merah untuk diet terutama lantaran kandungan kalorinya yang rendah yakni hanya 110 kalori tiap porsi, mengndung 2 g protein serta serat. Beras merah pun sebagai pensuplai kebutuhan mineral berupa magnesium, phospor, vitamin B1, pyridoxine, niacin, zat besi serta seng.

Suatu penelitian yang dijalankan dalam 6 ahad yang lalu dipublikasikan tahun 2008 pada “Nutrition Research” menciptakan perbandingan penurunan berat tubuh dari penerima yang hanya mengkonsumsi masakan pengganti nasi putih dan penerima yang mengkonsumsi gabungan beras merah dan beras hitam. Hasilnya Partisipan yang mengkonsumsi gabungan beras merah dan beras hitam mengalami penurunan berat tubuh dan lemak lebih besar bila dibanding penerima yang cuma mengkonsumsi masakan pengganti nasi putih.

Beras merah mempunyai kandungan kalori sedikit alasannya kandungan serat dan air yang di dalamnya. Makanan dengan kandungan kalori rendah lebih gampang mengurangi berat tubuh bila dikonsumsi teratur. Manfaat beras merah untuk diet pun bisa menghilangkan lemak tubuh. Suatu kajian yang dipublikasikan tahun 2008 di American Journal of Clinical Nutrition mendapati bahwa mereka yang melaksanakan diet rendah kalori diantaranya dengan mengkonsumsi beras merah lebih banyak kehilangan lemak tubuh ketimbang mereka yang menjalankan diet rendah kalori yang mengkonsumsi sumber biji-bijian olahan. Biji-bijian mempunyai kandungan serat tinggi sehingga lebih menciptakan kenyang lebih lama.

Indeks glikemik beras merah yang rendah sangat bagus untuk orang yang sedang diet alasannya bisa mengontrol peresapan kalori berlebih oleh tubuh. Makan beras merah dengan teratur bisa mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau yang dinamakan kolesterol jelek sekaligus menjaga tingkat high-density lipoprotein (HDL) tubuh. Konsumsi beras merah pun akan menunjang gerakan usus tetap normal sehingga bisa mengatasi susah BAB. Bila metabolisme tubuh lancar maka dengan sendirinya berat tubuh pun akan mengarah ke berat ideal.
LihatTutupKomentar