Info Harga Mesin Perontok Padi Mini

Harga Mesin Perontok Padi Mini - Mayoritas sektor pertanian di tanah air sarat dengan padat karya. Hal tersebut mulai dari tahapa pengolahan tanah, tahap penanaman, pemeliharaan hingga panen biasanya dengan mengerahkan banyak tenaga lepas yang disebut buruh tani untuk melakukannya. Memang kenyataan itu sanggup membuat lapangan pekerjaan namun bila dilihat dari sebuah bisnis dianggap sebagai sebuah pemborosan alasannya yaitu mesti menanggung upah buruh yang mahal. Karena itu kehadiran sebuah penemuan teknologi di bidang pertanian sangat diharapkan salah satunya yaitu mesin perontok padi.

 Mayoritas sektor pertanian di tanah air sarat dengan padat karya Info Harga Mesin Perontok Padi Mini
Baca juga : Cek Harga Mesin Steam Motor Salju dari Termurah hingga Termahal


Mesin perontok padi bekerja secara otomatis sehingga sanggup memangkas waktu sekaligus kebutuhan tenaga kerja ketika memanen. Muaranya para petani pun akan menghemat ongkos produksi secara keseluruhan. Kinerja mesin perontok padi mini untuk 2 jam saja bisa menyamai hasil kerja yang diberikan 6 orang tenaga kerja yang bekerja dalam 7 jam. Kecuali kemampuannya yang begitu cepat, mesin ini pun mempunyai beberapa fungsi lain yaitu pembajak sawah dan juga pemanen. Mengandalkan batang panjang berporos dan bergerigi yang berputar untuk membalik tanah sawah yang fungsinya sama dengan alat pembajak manual.

Kemudian dengan adanya pisau panjang kurang-lebih 120 cm akan memotong flora padi yang ada di depannya. Kecepatan memanen padinya pun 50 persen lebih cepat dibanding bila dilakukan secara tradisional. Setelah dipotong, flora padi sekaligus dirontokkan bulir-bulir padinya untuk lalu ditampung di kantong yang terpasang. Yang menjadi kelebihan mesin kerja ini yaitu hasil panenan padi yang sangat higienis mencapai 97 persen. Sementara kalau prosesnya dilakukan secara tradisional maka maksimal cuma mencapai 87 persen.

Harga mesin perontok padi mini memang cukup mahal terlebih untuk produk yang didatangkan eksklusif dari China dalam kondisi utuh. Banderolnya bisa mencapai Rp.250 juta per unit. Namun ketika ini bangsa kita sudah bisa membuat mesin perontok padi mini ini. Harga mesin perontok padi mini buatan lokal hanya dibanderol Rp.50 jutaan saja. Kendati harganya terpaut jauh namun mengenai kualitas dan daya tahan ternyata tak kalah dibanding buatan luar. Malah sejumlah konsumen lebih puas memakai mesin perontok padi buatan dalam negeri alasannya yaitu nyatanya lebih abadi serta tak cepat panas.

Salah satu merek mesin perontok padi mini made in dalam negeri yaitu Futata. Berikut spesifikasi mesin perontok padi mini Futata HH-5 :

- Mesin : diesel engine 12 pk
- Kapasitas tangki materi bakar : 6 liter
- Konsumsi materi bakar : 0.6 liter / jam
- Transmisi : 3 kecepatan maju, 1 kecepatan mundur
- Kapasitas kerja : antara 5 jam hingga 7 jam / hektar
- Panjang : 2880 mm
- Lebar : 1440 mm
- Tinggi : 1550 mm

LihatTutupKomentar